Senin, 07 April 2014

Baris-Berbaris Dalam Pramuka

Baris-Berbaris Dalam Pramuka
By : Klepon

Salam Pramuka!

Kali ini kami dari Ambalan Cepaka SMA N 1 Magelang akan share tentang materi baris-berbaris. Nah, kalian pasti penasaran, bagaimana sih baris-berbaris dalam pramuka? Langsung aja kita bahas.

Pengertian dari baris-berbaris yaitu suatu wujud latihan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Pada dasarnya baris-berbaris dalam pramuka sama dengan baris-berbaris pada umumnya. Sehingga peraturan yang digunakan sama dengan peraturan pada umumnya.

Tujuan dari baris-berbaris yaitu, melatih fisik dan menumbuhkan sikap jasmani yang tangkas dan tegap, serta menumbuhkan rasa disiplin dari dalam diri sendiri.
Berikut adalah 12 gerakan dasar dalam baris-berbaris :
1.      Sikap sempurna atau siap
2.      Hadap serong kanan
3.      Hadap serong kiri
4.      Hadap kanan
5.      Hadap kiri
6.      Balik kanan
7.      Lencang kanan
8.      Lencang depan
9.      Jalan di tempat
10.  Hormat
11.  Berhitung
12.  Istirahat di tempat

Contoh gerakan berjalan antara lain :
1.      Maju jalan
2.      Langkah tegap
3.      Haluan kanan
4.      Haluan kiri
5.      Melintang kanan
6.      Melintang kiri
7.      Jalan di tempat
8.      Belok kanan
9.      Belok kiri
10.  Langkah lari, dll

Dalam latihan pramuka biasanya diawali dengan upacara pembukaan. Dalam upacara pembukaan pasti dibutuhkan ilmu baris-berbaris. Gerakan-gerakan dasar seperti di atas digunakan oleh petugas upacara. Biasanya dalam lomba atau latihan rutin pramuka diberikan materi baris-berbaris. Untuk pemula bisa diberikan materi gerakan dasar terlebih dahulu, kemudian baru materi gerakan berjalan.
Usahakan untuk memberikan contoh dengan benar agar yang dilatih dapat mengerti. Praktik adalah hal yang terpenting karena jika hanya diberi teori saja pasti tidak akan bisa lancer.


Itulah sedikit tips dari kami, semoga bisa bermanfaat. Semangat, jalani hidup dengan kebahagiaan, jangan pernah putus asa, JAYALAH PRAMUKA! JAYALAH CEPAKA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar